Categories
Uncategorized

Penyebab Umum Astigmatisme yang Merusak Mata

Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting. Mata berfungsi untuk melihat benda, baik jauh maupun dekat. Namun ada beberapa kondisi yang bisa membuat mata kehilangan fungsinya secara normal, salah satunya adalah gangguan astigmatisme atau mata silinder. Jika sudah mengalami gangguan ini maka biasanya memiliki masalah penglihatan lain seperti rabun jauh atau rabun dekat. Lalu apa sebenarnya penyebab umum astigmatime? 

Astigmatisme (Mata Silinder)

aoa.org

Beberapa Penyebab Umum Astigmatisme

Pada mata yang bermasalah atau mata normal memiliki bentuk seperti bola yaitu bulat melengkung sempurna. Fungsi dari kedua struktur permukaan yang melengkung ini adalah untuk membiaskan cahaya ke dalam retina. Hal tersebut  yang menyebabkan anda bisa melihat benda dekat maupun jauh. Ada dua struktur pembangun mata, berikut diantaranya:

  • Kornea mata merupakan permukaan bening pada bagian depan mata
  • Lensa merupakan bagian struktur bening pada bagian dalam mata yang berfungsi untuk membantu fokus melihat objek atau benda

Kornea serta mata yang tidak bermasalah dapat membiaskan cahaya yang masuk ke dalam retina, hal ini bertujuan untuk membantu anda agar bisa melihat objek secara jelas. Namun ketika salah satu dari lensa atau kornea memiliki bentuk yang tidak normal biasanya berbentuk lonjong maka secara otomatis akan memiliki permukaan lengkungan yang tidak sama. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pencahayaan. Dimana cahaya tidak dapat dibiaskan dengan sempurna, maka kondisi ini disebut sebagai kondisi astigmatisme atau mata silinder yang membuat anda tidak dapat melihat dengan jelas (buram).

Astigmatisme atau mata silinder sendiri bisa terjadi pada saat lengkungan permukaan kornea atau lensa tidak menu ke satu arah. Jika kornea mata yang tidak melengkung dengan sempurna maka anda memiliki corneal astigmatisme sedangkan jika lensa yang tidak melengkung sempurna maka anda memiliki lenticular astigmatisme.

Penyebab umum astigmatisme adalah akibat cedera pada mata, terserang penyakit tertentu maupun pasca operasi mata, namun untuk beberapa kasus langka mata silinder juga bisa terjadi sejak lahir dengan riwayat kesehatan keluarga yang pernah terserang astigastigme. Namun banyak orang yang berpendapat bahwa mata silinder ini disebabkan oleh kebiasaan yang buruk seperti membaca pada cahaya yang buru, duduk terlalu dekat dengan TV, duduk seharian di depan laptop, serta menyipitkan mata, itu semua pernyataan yang tidak benar.

Beberapa Gangguan Mata Lainnya

Setelah kita melihat penyebab umum astigmatisme kini kita akan membahas masalah mata lainnya yang bisa muncul secara bersamaan dengan kesalahan bias atau mata silinder. Diantaranya:

  • Rabun jauh (miopi)

Rabun jauh atau miopi banyak dialami oleh anak muda atau dalam usia produktif dimana penglihatan tidak mampu memandang objek jarak jauh (penglihatan yang kabur untuk jarak jauh) hal ini disebabkan oleh kornea mata terlalu melengkung atau mata mata anda lebih panjang dari umumnya.

  • Rabun dekat (hipermetropi)

Rabun dekat atau hipermetropi banyak dialami oleh orang tua atau lanjut usia dimana penglihatan tidak mampu memandang objek jarak dekat (pandangan kabur untuk objek dekat) hal ini disebabkan oleh kornea terlalu sedikit melengkung atau mata anda lebih pendek dari umumnya

Penyebab umum astigmatisme memang belum bisa diketahui secara pasti, namun beberapa kemungkinan diperkirakan bisa memicu munculnya mata silinder. Salah satu mencegah kerusakan mata adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin mata. Sekian.

Sumber referensi:

  • https://hellosehat.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *