Categories
Uncategorized

5 Cara Teknologi Bermanfaat bagi Kehidupan Keluarga

Sebagai orang tua, Anda mungkin merasa bahwa anak-anak Anda menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan teknologi seperti ponsel dan komputer. Anak remaja Anda bahkan mungkin akan menatap Anda ketika Anda meminta mereka untuk meletakkan ponsel mereka saat makan malam. Tidak ada yang lepas dari kenyataan bahwa teknologi telah mempengaruhi hampirsetiap aspek kehidupan keluarga.

Internet dan berbagai perangkat teknologi telah memberikan keluarga dengan opsi yang bahkan tidak ada satu dekade yang lalu. Misalnya, teknologi telah secara signifikan memengaruhi cara keluarga berkomunikasi. Dari mengirim SMS dan Facebook ke Skype dan FaceTime, dimungkinkan untuk berhubungan dengan siapa saja kapan saja. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan pada 2012 oleh AARP dan Microsoft menunjukkan bahwa 83 persen keluarga menganggap teknologi “membantu” dalam meningkatkan kualitas dan frekuensi komunikasi di antara para anggotanya.

Teknologi telah membawa kemajuan di banyak bidang kehidupan keluarga lainnya, termasuk pekerjaan, pendidikan, dan perkembangan anak. Berikut ini akan dicermati beberapa cara merangkul teknologi dapat bermanfaat bagi keluarga Anda.

Berikut Ini Adalah 5 Cara Teknologi Bermanfaat bagi Kehidupan Keluarga

1. Kerja dan Keuangan

Banyak keluarga menganut gaya hidup digital sebagai cara untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan profesional dan keluarga. Pekerjaan dulu berarti perjalanan jauh dan ditambatkan ke meja dari jam sembilan sampai jam lima. Teknologi digital, email, dan koneksi akses jarak jauh memungkinkan untuk bekerja dari mana saja dengan jam yang lebih fleksibel.

Semakin banyak perusahaan yang menawarkan kepada karyawannya pilihan untuk melakukan telekomunikasi. Bekerja dari rumah memungkinkan keluarga untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan dapat menghemat ribuan dolar per tahun dalam biaya transportasi dan perawatan anak.

Teknologi juga memiliki keunggulan substansial dalam bidang manajemen rumah tangga. Misalnya, semakin banyak orang beralih ke kenyamanan Internet untuk perbankan, berbelanja, dan membayar tagihan. Orang tua juga memanfaatkan aplikasi seluler untuk membantu melacak anggaran dan mengatur jadwal keluarga.

2. Komunikasi

Teknologi digital membuatnya lebih mudah dari sebelumnya bagi keluarga untuk tetap berhubungan meskipun ada jadwal yang padat yang melibatkan pekerjaan, tugas, dan kegiatan ekstra kurikuler anak-anak. Orang tua dan anak-anak dapat check-in satu sama lain sepanjang hari dengan panggilan cepat atau SMS. Orang tua juga mendapatkan ketenangan pikiran mengetahui di mana anak-anak mereka setiap saat dan bahwa anak-anak mereka dapat menjangkau mereka dengan cepat jika terjadi keadaan darurat.

Banyak keluarga juga menggunakan teknologi untuk memperkuat dan mempertahankan ikatan dengan kakek-nenek dan kerabat lain yang mungkin tinggal lebih jauh. Orang tua dan anak-anak dapat saling memperbarui secara instan melalui email dan berbagai jejaring sosial. Beberapa keluarga bahkan membuat situs web dan blog mereka sendiri sebagai cara untuk berbagi foto dan tonggak penting keluarga.

Banyak orang tua, terutama mereka yang beranjak remaja, berjuang untuk membuat anak-anak mereka terbuka tentang aspek kehidupan sehari-hari mereka. Akun media sosial, seperti Facebook dan Instagram, dapat memberi orang tua wawasan tentang orang, tempat, dan acara yang penting bagi remaja mereka. Teknologi dan media sosial juga bisa menjadi saluran untuk membuka dialog antara orang tua dan anak-anak tentang peristiwa yang mempengaruhi dunia kita.

Teknologi juga memungkinkan komunikasi bagi banyak individu dengan kebutuhan khusus. Teknologi adaptif memungkinkan bagi orang-orang dengan tantangan bicara, pendengaran, penglihatan, dan mobilitas untuk terlibat dengan keluarga, bersekolah, dan bekerja.

3. Pendidikan

Teknologi memberi kita akses ke sejumlah besar informasi kapan saja, siang atau malam hari. Belum lama berselang, ayah kita tetap mengikuti perkembangan peristiwa dunia dengan membeli koran. Ibu kami akan mendapatkan resep baru dengan menyalinnya dari buku dan majalah yang mereka temukan di perpustakaan. Makalah sekolah biasanya berarti berjam-jam di perpustakaan menuangkan katalog kartu dan tumpukan buku. Teknologi digital, perpustakaan virtual, dan berbagai aplikasi memberi kita akses ke peringatan berita instan dan informasi lainnya 24/7 tanpa meninggalkan rumah.

Teknologi pendidikan dan e-learning menjadi lebih populer dari hari ke hari. Siswa dapat mengikuti kursus secara online berkat teknologi yang memungkinkan mereka mengunggah pekerjaan rumah dan berinteraksi dengan sesama siswa dan guru melalui ruang obrolan dan forum online. Pendidikan online juga menjadikan sangat mudah bagi siswa untuk menerima perhatian pribadi dari guru yang berkualifikasi, dan bagi orang tua untuk melacak kemajuan akademik anak-anak mereka secara online. Orang tua juga mendapat manfaat dari pembelajaran online yang memudahkan orang dewasa yang bekerja untuk mengejar gelar sarjana.

Era digital bahkan mengubah banyak aspek dari ruang kelas tradisional. Guru dapat menggunakan komputer, proyektor, dan papan tulis khusus dengan layar sentuh untuk menjadikan pelajaran lebih menarik dan interaktif bagi siswa.

4. Pengembangan

Apa yang tampak oleh Anda sebagai waktu layar yang ceroboh mungkin sebenarnya berkontribusi pada perkembangan mental dan sosial anak Anda:

Video game membutuhkan banyak ketangkasan manual dan dapat meningkatkan koordinasi tangan / mata anak Anda.

Sejumlah aplikasi dan permainan komputer tersedia untuk meningkatkan keterampilan membaca dan phonics atau bahkan membantu anak Anda belajar bahasa kedua.

E-book dan perpustakaan online dapat memaparkan anak Anda ke dunia baru dan mendorong cinta membaca seumur hidup.

Berbagai aplikasi dan permainan dapat membantu anak Anda belajar angka, bentuk, atau meningkatkan keterampilan mereka dalam matematika yang lebih maju.

Blog, situs web, dan situs media sosial dapat membantu anak Anda mengembangkan keterampilan sosial dengan memungkinkan mereka berkomunikasi dengan mudah dengan keluarga dan teman sebaya dari semua latar belakang dan budaya yang berbeda.

Teknologi dapat membuat anak Anda lebih siap untuk sekolah. Aplikasi dan game tidak hanya mengajarkan keterampilan dasar seperti membaca dan matematika, tetapi mereka juga mengajarkan keterampilan tingkat tinggi seperti pemecahan masalah, strategi, dan pemikiran kritis yang penting untuk keberhasilan akademik.

Bermain game mengajarkan keterampilan anak-anak seperti fokus dan memperhatikan detail. Keterampilan ini dapat membantu mereka di sekolah dan di kemudian hari.

Sebagian besar permainan dan aplikasi mengharuskan pengguna untuk berhasil menyelesaikan satu tingkat sebelum diizinkan untuk pindah ke tingkat berikutnya. Ini dapat membantu mengajar anak Anda nilai kegigihan, persaingan, dan motivasi.

Teknologi mendorong anak-anak untuk memperluas wawasan mereka. Banyak anak-anak menemukan minat pada subjek seperti sejarah atau geografi melalui video atau game online dan melanjutkan untuk melakukan penelitian terhadap subjek.

Teknologi dapat membantu anak Anda menemukan keterampilan tersembunyi dan bakat kreatif. Internet adalah forum untuk berbagai bentuk ekspresi diri seperti menulis, video, dan musik. Dengan memaparkan anak Anda sejak dini ke berbagai kemungkinan yang tersedia dengan teknologi digital saat ini, anak Anda dapat mengembangkan minat dan bakat yang menuntun mereka menuju karier masa depan mereka.

5. Hiburan

Teknologi memberi kita berbagai pilihan hiburan keluarga yang hampir tak ada habisnya. Musik, acara televisi, film, atau permainan favorit kami tersedia di ujung jari kami melalui layanan streaming dan aplikasi seluler. Berbagai pilihan hiburan bahkan dapat membantu menjembatani kesenjangan generasi dalam keluarga. Anda dapat menjalin ikatan dengan anak remaja Anda atas film favorit sejak usia Anda atau mencoba permainan favorit mereka.

Jika Anda bukan penggemar teknologi utama, Anda mungkin merasa sedikit terintimidasi tentang penggunaan beberapa gadget dan alat yang tampaknya sangat mudah bagi generasi muda. Berikut adalah beberapa tips yang membuat digital menjadi sedikit lebih mudah:

Anda dapat mencoba menggunakan tablet untuk bermain game online dengan anak-anak Anda. Tablet lebih portabel daripada laptop dan anak-anak biasanya lebih menyukainya daripada perangkat seluler lainnya.

Carilah gim yang menurut Anda menyenangkan dan sesuai usia, dan buat pembelajaran dengan anak Anda.

Jadikan bermain game dengan anak-anak Anda lebih sering. Misalnya, Anda dapat mencoba menjadwalkan turnamen keluarga mingguan seputar permainan favorit mereka.

Ingatlah untuk bersabar, dan rela mengizinkan anak Anda menjadi guru. Membiarkan anak Anda berbagi keahlian mereka bisa menjadi pendorong kepercayaan diri yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *